Olahraga Lari Setiap Hari Bisa Kurangi Resiko Hilang Ingatan

Kesehatan - Olahraga bukan hanya dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Otak juga memerlukan beberapa gerakan yang bisa membuatnya lebih sehat. Salah satu gerakan yang baik untuk otak adalah latihan aerobik. Latihan aerobik secara sederhana bisa mengurangi risiko kehilangan ingatan dan penyakit Alzheimer, bahkan jika memiliki risiko secara genetik.

Olahraga Lari Setiap Hari Bisa Kurangi Resiko Hilang Ingatan
Olahraga Lari Setiap Hari Bisa Kurangi Resiko Hilang Ingatan

"Sebagian besar penelitian hanya berfokus pada bagian tubuh dari leher ke bawah. Padahal manfaat olahraga pada otak juga perlu diteliti," ujar asisten profesor kedokteran di University of Wisconsin School of Medicine and Public Health, Ozioma Okonkwo pada Agen Domino99.

Dalam sebuah penelitian pada Juni yang diterbitkan dalam Joournal of Alzheimer’s Disease, Okonkwo meneliti sebanyak 93 orang dewasa yang orangtuanya terkena penyakit atau memiliki gen Alzheimer.

Orang yang menghabiskan waktu setidaknya 68 menit sehari untuk berolahraga memiliki metabolisme glukosa yang lebih baik. Itu menandakan bahwa otak orang tersebut sehat. Manfaat dari berolahraga untuk otak lebih dari sekadar mencegah penyakit. Berolahraga membuat volume otak menjadi lebih besar.

"Kami telah melakukan serangkaian penelitian yang menunjukkan bahwa olahraga aerobik meningkatkan struktur dan fungsi kognisi otak," ungap Okonkwo seperti yang dikutip dari AgenQQ, Minggu (9/7/2017).

Latihan aerobik seperti berlari dan berenang diyakini paling baik untuk menjaga kesehatan otak. Sebab kedua olahraga itu meningkatkan detak jantung seseorang sehingga tubuh memompa lebih banyak darah ke otak. Selain itu, latihan kekuatan seperti angkat besi juga bisa membawa manfaat bagi otak karena meningkatkan detak jantung.

Menurut Joe Northey, kandidat PhD di University of Canberra Research, Institute for Sport and Exercise di Australia, menggabungkan latihan aerobik dengan latihan kekuatan bisa sangat ideal. Sebab, selain memperbaiki fungsi otak, keduanya bisa meningkatkan kebugaran kardiorespirasi dan kekuatan otot. Keduanya juga bisa mengurangi risiko obesitas, diabetes, dan hipertensi. Bandar Poker Online
Tag : Lifestyle
0 Komentar untuk "Olahraga Lari Setiap Hari Bisa Kurangi Resiko Hilang Ingatan"

Diberdayakan oleh Blogger.
Back To Top